Friday, September 02, 2011

Pengantar Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah suatu istilah yang menjelaskan seperangkat alat / teknologi yang dapat  membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
Data




Jika kita berbicara tentang teknologi informasi tentunya pikiran kita tidak akan jauh dari apa yang disebut dengan data. Lalu apakah data itu sendiri ?? Data adalah kumpulan fakta / kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian. Data bisa berwujud berupa huruf, angka, simbol, teks, gambar, audio atau suara, video ataupun bisa mencakup kombinasi diantaranya.
Data merupakan input atau masukan yang jika diolah / diproses nantinya akan menghasilkan sebuah informasi yang lengkap.
Informasi
Pengertian informasi adalah hasil proses atau hasil pengolahan data termasuk gabungan dari beberapa data. Data yang sudah ada di manipulasi dan di olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah informasi yang lebih berguna dan bermakna bagi yang menerimanya. Atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti dan memberikan segala sesuatu yang belum pernah diketahui.

Informasi yang baik adalah informasi yang tepat waktu, akurat, mudah diakses, menghilangkan keraguan, berhubungan, dan selalu berdasarkan fakta yang ada.
Informasi dapat diperoleh dari beberapa sumber seperti :
1. Pengamatan lapangan (observasi)
2. Kuesioner
3. Kejadian / Event (pencatatan / perekaman)
4. Pemodelan (simulasi, forecasting)
5. Media massa
6. Alat telekomunikasi
7. Alat elektronis, dll

Proses data menjadi informasi
Mencari data - data mentah,untuk selanjutnya diproses yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah informasi yang lebih lengkap dan berguna.

Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan merupakan hasil internalisasi dari sebuah informasi yang ada, sehingga menghasilkan pemahaman serta bisa ditarik suatu kesimpulan yang diambil dari informasi - informasi tersebut.
Hubungan antara data, informasi, dan knowledge 

Abad Informasi
Evolusi abad informasi dimulai dengan Abad Pertanian (Tahun < 1800) dimana masyarakat bertani menggunakan tenaga manusia dan tangan. Dilanjutkan dengan Abad Industri (1800 - 1957) dimana masyarakat bekerja di pabrik menggunakan tenaga manusia dan mesin. Serta pada akhirnya menuju pada Abad informasi (1957 - sekarang) dimana masyarakat pekerja terdidik menggunakan tenaga dan teknologi informasi.

Masyarakat Informasi
Masyarakat informasi adalah suatu masyarakat dimana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri.

Teknologi 
Teknologi adalah sebuah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengapilkasian saintifik ke praktis.

Teknologi Informasi
Selain yang telah dijelaskan di bagian atas, pengertian teknologi informasi lain adalah :  
~ Kamus Oxford (1995) : TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
~ Turban (Efraim Turban, 2008) : The physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization 

Tujuan dari sebuah teknologi informasi adalah memecahkan masalah, membuka kreatifitas, efektifitas dan efisiensi. Sedangkan fungsinya adalah menangkap (capture), mengolah (processing), menghasilkan (generating), menyimpan (storage), mengambil kembali (retrieval), melakukan transmisi (transmission).

Teknologi Informasi sangat perlu, karena kompleksitas tugas management, pengaruh globalisasi, perlunya response time cepat, tekanan persaingan bisnis, dan peningkatan layanan. Sehingga jika kita tidak mengetahui tentang teknologi informasi maka kita akan ketinggalan dan tidak tahu apa saja yang terjadi di luar.

Teknologi Informasi dapat diterapkan di berbagai bidang antara lain : industri, perbankan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hiburan,dll.

Komponen - Komponen Utama Dalam TI 



~ Hardware (perangkat keras) adalah istilah atau sebutan untuk bagian - bagian dari sebuah teknologi informasi yang terlihat secara fisik dan dapat dipegang. Contoh :monitor, keyboard, mouse, speaker, kamera, dll.

~ Kebalikan dari hardware, Software (perangkat lunak) adalah instruksi - instruksi program yang dapat dilihat dan dibaca tetapi tidak bisa disentuh, dipegang atau diraba. Dimana di dalamnya sudah termasuk program, dokumen, dan data.

~ Brainware merupakan istilah yang digunakan untuk manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di komputer. Dan brainware, software, hardware saling berhubungan. Karena tanpa brainware, software dan hardware tidak bisa digunakan secara maksimal, begitu juga sebaliknya.
Firmware adalah software yang ditanamkan ke hardware secara semi-permanen sedangkan Infoware adalah suatu perangkat dimana perangkat tersebut memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada user tentang tata cara dan aturan penggunaan komputer yang baik. Contoh : user manual, SOP, cyber law.

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Followers

I'am at Malang University

free counters

Chatroom

Clock