Sunday, April 28, 2013

Konfigurasi Jaringan Komputer

   

KONFIGURASI JARINGAN KOMPUTER


 



Pengertian Jaringan Komputer :
  1. Jaringan komputer adalah fasilitas untuk mengakomodasi para pengguna komputer agar dapat saling berhubungan satu sama lain. Melalui jaringan, pengguna dapat saling bertukar file, pemakaian bersama (sharing resources) suatu perangkat keras, bahkan mengontrol komputer lain dari jarak jauh 
  2. Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. 
  3. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya

 
Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu
      Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai
      Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.    
      Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat
      Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
      Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif
      Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

Konfigurasi jaringan dimaksudkan untuk memberikan nama dan identitas yang unik dalam jaringan corporate anda. Anda perlu merencanakan suatu standard konfigurasi jaringan didalam organisasi global business anda untk memudahkan identifikasi dan management.
Berikut merupakan contoh konfigurasi jaringan IP adress dalam Jaringan
  • Mengklik Start/Control Panel/Network Connections/Local Area Connection.
  • Maka akan tampil dialog Local Area Connection Properties, beri tanda cek pada Show icon in notification area when connected, lalu mengklik tombol Properties.
  • Setelah dialog Protocol (TCP/IP) Properties tampil, memilih opsi Use the following IPaddress. Kemudian memasukkan IP address yang ingin digunakan beserta subnet mask-nya (IP static), klik OK.
Pengujian Perangkat Jaringan
Dilakukan dengan menguji apakah kabel jaringan yang akan digunakan bagus atau tidak , dengan menggunakan lan tester.  Jika lampu LED 1 sampai 8 berkedip, maka kabel jaringan siap untuk digunakan. 
Pengujian Sistem
  • Menguji apakah komputer yang satu dengan komputer yang lain dapat saling berhubungan atau tidak. Pengujian ini dilakukan dengan CMD.EXE, dengan menuliskan PING dilanjutkan dengan alamat IP Address computer yang dituju. Langkah-langkahnya yaitu klik Start - Run - Ping 192.168.X.X, kemudian klik OK.
  • Jika komputer yang satu dengan komputer lainnya sudah connect maka akan muncul balasan dengan kata “Replay"
Konfigurasi Jaringan Komputer
Di dalam pembuatan suatu jaringan komputer diperlukan konfigurasi pada setiap komputer, agar pada setiap komputer dapat mengenali dan mendeteksi komputer lain di dalam anggota jaringan.
1.      Mengaktifkan Local Area Network (LAN) 
Local Area Network perlu di aktifkan pada masing-masing komputer untuk memudahkan komunikasi dan mendeteksi hubungan yang terjadi antar komputer dengan cara sebagai berikut:
-          Klik local area connection pada komputer(start-control panel-network connections).


 


Gambar 1. Icon Local Area Network
-      Klik kanan pada local area connection lalu pilih properties.






Gambar2. Local Area Network
-          Pada kotak Local Area Network Properties pilih internet protocol(TCP/IP), lalu tekan tombol properties untuk melakukan setting IP address. Akan muncul jendela Internet Protocol (TCP/P) Properties. Klik lingkar pilihan Use the following IP Address setelah itu pada bagian lP address isi alamat masing-masing komputer secara unik. Lalu tekan tombol ok.



Gambar 3. Local Area Connection Properties


Gambar 4. Internet Protocol (TCP/IP) Properties

Setelah masing-masing komputer di isi nomor IP address-nya, selanjutnya sambungkan kabel UTP ke konektor RJ-45 pada ethernet card tiap komputer. Maka akan terbentuk koneksi jaringan dengan mendeteksi dan mengenali IP address masing-masing komputer.


 



Gambar 5. Connection Status
2. Perintah PING (Packet Internet Gopher)
Agar koneksi jaringan komputer berjalan dengan baik maka dilakukan pengujian untuk mengetahui konektivitas suatu jaringan yang terpadu langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
-          Buka aplikasi command prompt(klik start-run-ketik CMD-enter)



Gambar 7.Tampilan Run
-          Akan ditampilkan jendela Command Prompt, ketik ping nomor IP address tujuan lalu tekan enter

 


Gambar 8.Tampilan command Prompt
-          Jika ada Pesan Replay from 192.168.x.x(sesuai IP address) itu menunjukkan bahwa komputer dengan nomor IP address tersebut terhubung kejaringan.


Daftar Rujukan :

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Followers

I'am at Malang University

free counters

Chatroom

Clock