Sunday, April 28, 2013

Pengantar Grafika Komputer


Pengantar Grafika Komputer




DEFINISI GRAFIKA KOMPUTER

Grafika komputer merupakan suatu ilmu komputer yang mempelajari tentang cara untuk memanipulasi gambar pada suatu objek dengan menggunakan komputer. Grafika komputer termasuk metode yang yang dapat memudahkan penyampaian informasi dari komputer kepada user dalam bentuk visual atau gambar. Bentuk sederhana dari grafika computer adalah grafika computer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika computer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika computer sering di kenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafika computer  meliputi :
Ø  Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
Ø  Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
Ø  Rendering : mempelajari algorirtma untuk menampilkan efek cahaya
Ø  Citra (imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar


JENIS – JENIS GRAFIKA KOMPUTER

a.       Berdasarkan dimensi
-          Grafika Komputer 2 dimensi (2D)
Grafis dapat dimanipulasi secara mendatar dan vertikal
-          Grafika Komputer 3 dimensi (3D)
Grafis dapat dimanipulasi secara mendatar, vertical dan kedalamnnya.
b.       Berdasarkan elemen yang diproses
-          Vektor
Yaitu titik – titik tertentu yang di proses, antartitik tersebut dihubungkan dengan bentuk – bentuk geometris (jenis ini diacu untuk proses transformasi grafika komputer)
-          Raster/bitmap
Yaitu semua titik (pixel) baik yang membentuk gambar maupun titik di luar gambar diproses.


PERBANDINGAN GRAFIKA KOMPUTER DAN IMAGE

Uraian
Grafika Komputer
Image
Sumber
Dibuat / rekayasa
Dari objek nyata
Ukuran memori
Kecil
Besar
Elemen yang di proses
Titik titik pokok
Semua titik
Kecepatan proses
Tinggi
Lamban
Dimensi
2D, 3D
2D
Elemen gambar
Bentuk geometri
Pixel
Detail
Kasar
Halus
Obyek yang dimanipulasi
Tiap bentuk geometri
Tiap titik / pixel


SISTEM GRAFIKA KOMPUTER

Data yang banyak dapat diwakili dengan bagan. Dalam hal ini, user memasukkan sejumlah data, dan dengan prosedur tertentu computer akan menampilkan bagan yang diinginkan. Bagan yang dihasilkan ini merupakan gambar statis karena user tidak dapat berinteraksi dengan gambar yang ada pada layar computer.
Cara ini sangat tidak memadai, karena ada kalanya user ingin berinteraksi langsung dengan gambar pada layar komputer. Sistem yang memungkinkan user berdialog dengan apa yang terlihat pada layar komputer disebut dengan sistem grafika komputer interaktif (interactive computer graphic).
Dalam sistem interaktif, user bisa mengendalikan segala aspek gambar yang terlihat secara dinamis. Aspek-aspek tersebut terdiri dari isi gambar, format gambar, bentuk gambar, ukuran gambar dan warna gambar. Pengendalian secara dinamis dapat dilakukan dengan piranti -piranti seperti : keyboard, mouse, joystick, light pen, dll.
Keuntungan yang kita peroleh dari sistem interaktif adalah bahwa dengan mudah kita bisa menirukan atau mensimulasikan sesuatu kejadian dalam dunia nyata (real world) pada layar komputer.
Berdasarkan cara pandang kita terhadap gambar yang ada pada layar, kita bisa membedakan apa yang dimaksud dengan motion dynamic dan update dynamic.
a.       Motion dynamic
Pada dasarnya adalah cara pandang kita terhadap suatu obyek yang bergerak dan kita sebagai pengamat dalam keadaan diam atau obyek yang kita amati diam dan kita sebagai pengamat bisa bergerak bebas di sekeliling obyek tersebut. Contoh : flight simulator.
b.       Update dynamic
Pada dasarnya berhubungan erat dengan perubahan sifat dari obyek yang sedang diamati. Sifat-sifat tersebut bisa berupa bentuk, warna atau sifat-sifat yang lain. Dengan menggunakan komputer, dengan mudah kita mensimulasikan tabrakan antara dua buah mobil dengan kecepatan yang bisa dibuat bervariasi. Dengan cara ini, pabrik mobil bisa mempelajari hasil simulasi dan menambahkan unsur-unsur yang diperlukan untuk lebih menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang.

PERANAN DAN PENGGUNAAN GRAFIKA KOMPUTER
Dalam kehidupan saat ini, grafika komputer banyak dimanfaatkan dalam beberapa bidang, yaitu :
1.       Entertainment (animasi computer, film)
Sebagai alat visualisasi yang bertujuan untuk menghidupkan objek-objek. Pada pembuatan film, computer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi dan editing. Sebelum di lakukan pengambilan gambar dengan kamera, dibuat model pemeran dalam cerita, kemudian divisualisasi untuk gerakan yang sulit dilakukan. Contoh yang saat ini sangat buming yaitu, film-film berbasis animasi.
2.       Game atau permainan
Dalam game, grafika komputer sangat dominan pada tampilan grafis, inputan dan lain sebagainya yang diperlukan untuk aplikasi game.
3.       Arsitektur
Dengan grafika komputer, para arsitek lebih mudah untuk mensimulasikan rancangan bangunannya dalam bentuk hampir seperti nyata. Yaitu dengan menggunakan CAD (Computer Aided Design) yaitu untuk proses perancangan terutama pada system rekayasa dan arsitektur. Misal : grafika komputer bisa digunakan untuk merancang komponen-komponen dari sistem-sistem mekanis, elektris, elektro-mekanis, piranti-piranti elektronis, struktur bangunan, reaktor kimia, badan-badan mobil, pesawat terbang, badan kapal lengkap dengan ruang-ruang yang ada, jaringan komputer, jaringan telepon, dll.
Dalam bidang ini tekanan utama dari pemakaian grafika komputer adalah untuk memproduksi gambar dengan ketelitian yang sangat tinggi.
4.       Pendidikan
Memasukkan model pembelajaran animasi dalam presentasi suatu mata pelajaran maupun mata kuliah.
5.       Sains, Teknologi dan Bisnis
Dalam  bidang ini bentuk grafik dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D) banyak di manfaatkan untuk menunjukkan suatu fungsi matematik, fenomena fisis, fungsi ekonomi, histogram, diagram batang, pie chat, diagram penjadwalan pekerjaan, diagram produksi dll.
6.       Simulasi dan animasi
Contoh simulasi : simulasi reaksi nuklir dan kimia, aliran hidrodinamis, perubahan struktur (deformasi) dari suatu benda yang diberi beban melebihi kekuatannya.
7.       Seni dan Komersial
Dalam bidang ini grafika computer banyak dimanfaatkan untuk pembuatan ulang (reproduksi) gambar yang memiliki nilai historis tinggi dan penting untuk dilestarikan, seperti gambar – gambar dari pelukis terkenal. Juga digunakan untuk pembuatan iklan / logo dari suatu produk.
8.       Antarmuka Grafis GUI (Graphical User Interface)
Dalam bidang ini grafika computer seolah – olah menyediakan suatu bahasa antarmuka pemakai (user interface) yang baru, karena “dialog” antara pemakai dan computer tidak lagi diketikkan dari keyboard, tetapi pemakai cukup memiliki suatu symbol / icon yang tersedia pada layar dengan menggunakan mouse, lighten dll.

Klasifikasi Penerapan Grafika Komputer
Di grafika komputer, terdapat beberapa penerapan yang diklasifikasikan menjadi empat, yaitu :
1.       Berdasarkan tipe dari objek yang dihasilkan.
Yang menerapkan tipe ini adalah gambar-gambar yang berjenis 2D maupun 3D yang biasa disebut dengan wired-frame pictures. Misalnya garis-garis yang menunjukkan struktur suatu bangunan, gambar 2D dengan gray scale yang berbeda, gambar 3D yang memperhatikan efek pencahayaan/bayangan.
2.       Berdasarkan interaksi dan derajat pengendalian objek tau gambar dalam layar.
Terdapat dua macam, yaitu :
a.       Offline plotting
Gambar bisa dibentuk dari sekumpulan data yang diketahui atau diambil dari satu basis data, sehingga gambar yang dihasilkan tidak bisa diubah kecuali dengan mengubah basis data yang diketahui.
b.       Interactive plotting
Gambar yang dapat berinteraksi dengan user yang dapat merubah serta menggambar sendiri objek baru, contoh sederhananya adalah memperbesar dan memperkecil gambar.
3.       Berdasarkan bagaimana arti dari gambar tersebut bagi user (role of the picture)
Suatu gambar pasti memiliki arti dan manfaat tertentu bagi user yang membuatnya yaitu untuk visualisasi dari suatu objek, simulasi dari suatu alat, hasil dari sebuah produk, dan lain sebagainya.
4.       Berdasarkan hubungan antara objek dan gambar yang tertampil.
Dalam hubungan ini, bagaimana user dapat menampilkan gambar dari objek tunggal hingga sekelompok gambar yang saling berhubungan.

TEKNOLOGI PENAMPIL GRAFIKA KOMPUTER
Ø  Perangkat Lunak Grafika Komputer
Dalam pembuatan grafik, membutuhkan software pendukung yang digunakan untuk membuat animasi antara lain :
-          Autodesk Maya
-          OpenGL (Open Graphic Library)
-          3DS Max
-          Blender
-          Autocad
-          Adobe Photoshop
-          Coreldraw
-          Adobe Freehand
-          Adobe Ilustrator

Ø  Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
  • Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll
  • Proses dan Penyimpanan
  • Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll
Ø  Komponen Layar Penampil
Pada dasarnya, semua penampil dengan kemampuan grafis punya 3 komponen utama :
-          Pengikut digital (frame buffer)
-          Layar Penampil
-          Piranti Pengendalian Tampilan (Diplay Controller) atau pengoalh tampilan (Display Processor)
Berfungsi untuk melewatkan isi pengingat digital dan mengolahnya untuk ditampilkan ke layar penampil.


  
DAFTAR RUJUKAN
Nuri. 2011. Pengantar Grafik Komputer, (online), (http://nuri26ok.blogspot.com/2011/09/pernah-kah-berpikir-menggunakan_24.html) diakses tanggal 4 Maret 2013.
Ivageje. 2011. Peranan dan Penggunaan Grafika Komputer, (online),
diakses tanggal 16 April 2013
Adhie. 2010. Grafik Komputer, (online),
diakses tanggal 17 April 2013

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Followers

I'am at Malang University

free counters

Chatroom

Clock