Grafika komputer
merupakan suatu ilmu komputer yang mempelajari tentang cara untuk memanipulasi
gambar pada suatu objek dengan menggunakan komputer. Grafika komputer termasuk
metode yang yang dapat memudahkan penyampaian informasi dari komputer kepada
user dalam bentuk visual atau gambar. Bentuk sederhana dari grafika computer
adalah grafika computer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika computer
3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern
recognition). Grafika computer sering di kenal juga dengan istilah visualisasi
data. Bagian dari grafika computer
meliputi :
Ø Geometri :
mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
Ø Animasi :
mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
Ø Rendering :
mempelajari algorirtma untuk menampilkan efek cahaya
JENIS – JENIS GRAFIKA KOMPUTER
a.
Berdasarkan
dimensi
-
Grafika
Komputer 2 dimensi (2D)
Grafis dapat
dimanipulasi secara mendatar dan vertikal
-
Grafika
Komputer 3 dimensi (3D)
Grafis dapat
dimanipulasi secara mendatar, vertical dan kedalamnnya.
b.
Berdasarkan
elemen yang diproses
-
Vektor
Yaitu titik –
titik tertentu yang di proses, antartitik tersebut dihubungkan dengan bentuk –
bentuk geometris (jenis ini diacu untuk proses transformasi grafika komputer)
-
Raster/bitmap
Yaitu semua
titik (pixel) baik yang membentuk gambar maupun titik di luar gambar diproses.
PERBANDINGAN
GRAFIKA KOMPUTER DAN IMAGE
Uraian
|
Grafika Komputer
|
Image
|
Sumber
|
Dibuat / rekayasa
|
Dari objek nyata
|
Ukuran memori
|
Kecil
|
Besar
|
Elemen yang di proses
|
Titik titik pokok
|
Semua titik
|
Kecepatan proses
|
Tinggi
|
Lamban
|
Dimensi
|
2D, 3D
|
2D
|
Elemen gambar
|
Bentuk geometri
|
Pixel
|
Detail
|
Kasar
|
Halus
|
Obyek yang dimanipulasi
|
Tiap bentuk geometri
|
Tiap titik / pixel
|
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Data yang banyak
dapat diwakili dengan bagan. Dalam hal ini, user memasukkan sejumlah data, dan
dengan prosedur tertentu computer akan menampilkan bagan yang diinginkan. Bagan
yang dihasilkan ini merupakan gambar statis karena user tidak dapat
berinteraksi dengan gambar yang ada pada layar computer.
Cara ini sangat
tidak memadai, karena ada kalanya user ingin berinteraksi langsung dengan
gambar pada layar komputer. Sistem yang memungkinkan user berdialog dengan apa
yang terlihat pada layar komputer disebut dengan sistem grafika komputer
interaktif (interactive computer graphic).
Dalam sistem
interaktif, user bisa mengendalikan segala aspek gambar yang terlihat secara dinamis.
Aspek-aspek tersebut terdiri dari isi gambar, format gambar, bentuk gambar,
ukuran gambar dan warna gambar. Pengendalian secara dinamis dapat dilakukan
dengan piranti -piranti seperti : keyboard, mouse, joystick, light pen, dll.
Keuntungan yang
kita peroleh dari sistem interaktif adalah bahwa dengan mudah kita bisa
menirukan atau mensimulasikan sesuatu kejadian dalam dunia nyata (real world)
pada layar komputer.
Berdasarkan cara
pandang kita terhadap gambar yang ada pada layar, kita bisa membedakan apa yang
dimaksud dengan motion dynamic dan update dynamic.
a.
Motion dynamic
Pada dasarnya adalah cara pandang kita
terhadap suatu obyek yang bergerak dan kita sebagai pengamat dalam keadaan diam
atau obyek yang kita amati diam dan kita sebagai pengamat bisa bergerak bebas
di sekeliling obyek tersebut. Contoh : flight simulator.
b.
Update dynamic
Pada dasarnya berhubungan erat dengan
perubahan sifat dari obyek yang sedang diamati. Sifat-sifat tersebut bisa
berupa bentuk, warna atau sifat-sifat yang lain. Dengan menggunakan komputer,
dengan mudah kita mensimulasikan tabrakan antara dua buah mobil dengan
kecepatan yang bisa dibuat bervariasi. Dengan cara ini, pabrik mobil bisa
mempelajari hasil simulasi dan menambahkan unsur-unsur yang diperlukan untuk
lebih menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang.
PERANAN
DAN PENGGUNAAN GRAFIKA KOMPUTER
Dalam kehidupan
saat ini, grafika komputer banyak dimanfaatkan dalam beberapa bidang, yaitu :
1.
Entertainment
(animasi computer, film)
Sebagai alat
visualisasi yang bertujuan untuk menghidupkan objek-objek. Pada pembuatan film,
computer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi dan
editing. Sebelum di lakukan pengambilan gambar dengan kamera, dibuat model
pemeran dalam cerita, kemudian divisualisasi untuk gerakan yang sulit
dilakukan. Contoh yang saat ini sangat buming yaitu, film-film berbasis
animasi.
2.
Game
atau permainan
Dalam game,
grafika komputer sangat dominan pada tampilan grafis, inputan dan lain
sebagainya yang diperlukan untuk aplikasi game.
3.
Arsitektur
Dengan grafika
komputer, para arsitek lebih mudah untuk mensimulasikan rancangan bangunannya
dalam bentuk hampir seperti nyata. Yaitu dengan menggunakan CAD (Computer Aided
Design) yaitu untuk proses perancangan terutama pada system rekayasa dan
arsitektur. Misal : grafika komputer bisa digunakan untuk merancang
komponen-komponen dari sistem-sistem mekanis, elektris, elektro-mekanis,
piranti-piranti elektronis, struktur bangunan, reaktor kimia, badan-badan
mobil, pesawat terbang, badan kapal lengkap dengan ruang-ruang yang ada, jaringan
komputer, jaringan telepon, dll.
Dalam bidang ini
tekanan utama dari pemakaian grafika komputer adalah untuk memproduksi gambar
dengan ketelitian yang sangat tinggi.
4.
Pendidikan
Memasukkan model
pembelajaran animasi dalam presentasi suatu mata pelajaran maupun mata kuliah.
5.
Sains,
Teknologi dan Bisnis
Dalam bidang ini bentuk grafik dua dimensi (2D) dan
tiga dimensi (3D) banyak di manfaatkan untuk menunjukkan suatu fungsi
matematik, fenomena fisis, fungsi ekonomi, histogram, diagram batang, pie chat,
diagram penjadwalan pekerjaan, diagram produksi dll.
6.
Simulasi
dan animasi
Contoh simulasi
: simulasi reaksi nuklir dan kimia, aliran hidrodinamis, perubahan struktur
(deformasi) dari suatu benda yang diberi beban melebihi kekuatannya.
7.
Seni
dan Komersial
Dalam bidang ini
grafika computer banyak dimanfaatkan untuk pembuatan ulang (reproduksi) gambar
yang memiliki nilai historis tinggi dan penting untuk dilestarikan, seperti
gambar – gambar dari pelukis terkenal. Juga digunakan untuk pembuatan iklan /
logo dari suatu produk.
8.
Antarmuka
Grafis GUI (Graphical User Interface)
Dalam bidang ini
grafika computer seolah – olah menyediakan suatu bahasa antarmuka pemakai (user
interface) yang baru, karena “dialog” antara pemakai dan computer tidak lagi
diketikkan dari keyboard, tetapi pemakai cukup memiliki suatu symbol / icon
yang tersedia pada layar dengan menggunakan mouse, lighten dll.
Klasifikasi Penerapan Grafika Komputer
Di grafika
komputer, terdapat beberapa penerapan yang diklasifikasikan menjadi empat,
yaitu :
1.
Berdasarkan
tipe dari objek yang dihasilkan.
Yang menerapkan
tipe ini adalah gambar-gambar yang berjenis 2D maupun 3D yang biasa disebut
dengan wired-frame pictures. Misalnya garis-garis yang menunjukkan struktur
suatu bangunan, gambar 2D dengan gray scale yang berbeda, gambar 3D yang
memperhatikan efek pencahayaan/bayangan.
2.
Berdasarkan
interaksi dan derajat pengendalian objek tau gambar dalam layar.
Terdapat dua
macam, yaitu :
a.
Offline
plotting
Gambar bisa dibentuk dari sekumpulan
data yang diketahui atau diambil dari satu basis data, sehingga gambar yang
dihasilkan tidak bisa diubah kecuali dengan mengubah basis data yang diketahui.
b.
Interactive
plotting
Gambar yang dapat berinteraksi dengan
user yang dapat merubah serta menggambar sendiri objek baru, contoh
sederhananya adalah memperbesar dan memperkecil gambar.
3.
Berdasarkan
bagaimana arti dari gambar tersebut bagi user (role of the picture)
Suatu gambar
pasti memiliki arti dan manfaat tertentu bagi user yang membuatnya yaitu untuk
visualisasi dari suatu objek, simulasi dari suatu alat, hasil dari sebuah
produk, dan lain sebagainya.
4.
Berdasarkan
hubungan antara objek dan gambar yang tertampil.
Dalam hubungan
ini, bagaimana user dapat menampilkan gambar dari objek tunggal hingga
sekelompok gambar yang saling berhubungan.
TEKNOLOGI
PENAMPIL GRAFIKA KOMPUTER
Ø Perangkat Lunak
Grafika Komputer
Dalam pembuatan grafik, membutuhkan
software pendukung yang digunakan untuk membuat animasi antara lain :
-
Autodesk
Maya
-
OpenGL
(Open Graphic Library)
-
3DS
Max
-
Blender
-
Autocad
-
Adobe
Photoshop
-
Coreldraw
-
Adobe
Freehand
-
Adobe
Ilustrator
Ø Komponen Dasar Sistem Grafik
Interaktif :
- Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll
- Proses dan Penyimpanan
- Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll
Ø Komponen Layar
Penampil
Pada dasarnya,
semua penampil dengan kemampuan grafis punya 3 komponen utama :
-
Pengikut
digital (frame buffer)
-
Layar
Penampil
-
Piranti
Pengendalian Tampilan (Diplay Controller) atau pengoalh tampilan (Display
Processor)
Berfungsi
untuk melewatkan isi pengingat digital dan mengolahnya untuk ditampilkan ke
layar penampil.
DAFTAR RUJUKAN
Nuri. 2011. Pengantar Grafik Komputer, (online), (http://nuri26ok.blogspot.com/2011/09/pernah-kah-berpikir-menggunakan_24.html) diakses tanggal
4 Maret 2013.
Ivageje. 2011. Peranan dan Penggunaan Grafika Komputer, (online),
diakses tanggal
16 April 2013
Adhie. 2010. Grafik Komputer, (online),
diakses tanggal
17 April 2013
0 komentar:
Post a Comment