Objek
grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik 2 dimensi yang dihubungkan
dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon atau kurva. Objek grafik 2
dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2 dimensi yang secara komputasi
dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai dengan struktur data yang
digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D ini.
Objek
grafik dimensi juga adalah gambar 2 dimensi yang sumbu x dan sumbu y,
atau sumbu koordinat cartesius dua dimensi. Dua sumbu yang saling bertegak
lurus antar satu dengan yang lain, yang keduanya terletak dalam satu bidang
(bidang xy).
Sedangkan
Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer,
yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D
merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor),
gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya.
Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi
geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi.
Model-model
yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk
tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan,
bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat
membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang
dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan
dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Macam-Macam objek 2D
1.
Line
2.
Circle
3.
Arc
4.
Polygon
5.
Text
6.
Section
7.
Rectangle
8.
Ellips
9.
Donut
10.
Star
11.
Helix
Circle
Circle
atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang memiliki ukuran diameter dan
jari-jari. Circle atau lingkaran merupakan kumpulan titik-titik yang tak
berhingga dan saling berhubung.
Line
Objek
line/garis adalah objek salah satu 2 dimensi yang sangat mendasar dan sering
digunakan untuk perancangan gambar kerja. Line berasal dari 2 titik yang saling
terhubung.
Polygon
Polygon
adalah suatu fungsi yang mirip dengan polyline, hanya sajahasilnya adalah kurva
tertutup. Pada polygon digunakan konsep array dalam menyatakan objek 2D
sebagaikumpulan titik 2D. Polygon digunakan untuk merepresentasikan objek-objek
duadimensi.
Rectangle
Objek line/garis adalah objek salah satu 2 dimensi
yang terdiri dari 4 garis dan membentuk persegi panjang dengan 2 sisi yang sama
dan 2 sisi yang lain lebih panjang.
Color
Untuk memberi warna pada objek, seperti titik atau garis,
dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi Ă glColor3f(red,green,blue);
Di mana red, green, blue berada pada 0 sampai dengan 1,
yang menunjukkan skala pencerahan dari masing-masing skala.
Berikut adalah beberapa fungsi color
:
1. glColor3f(0,0,0);//black
2. glColor3f(0,0,1);//blue
3. glColor3f(0,1,0);//green
4. glColor3f(0,1,1)//cyan
5. glColor3f(1,0,0)//red
6. glColor3f(1,0,1)//magenta
7. glColor3f(1,1,0);//yellow
8. glColor3f(1,1,1);//white
Contoh Program :
a. Source Code
#include <stdlib.h>
#include <gl/glut.h>
void segiEmpat
(int posx, int
posy, int w, int
h) {
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(posx, posy);
glVertex2i(w+posx, posy);
glVertex2i(w+posx, posy-h);
glVertex2i(posx, posy-h);
glEnd();
}
void
renderScene (void) {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glLineWidth(5);
glColor3f(1.,0.,0.);
segiEmpat(-200,200,100,100); //segiempat
merah
glColor3f(1.,1.,0.);
segiEmpat(100,200,150,150); //segiempat
kuning
glColor3f(0.,1.,1.);
segiEmpat(0,0,50,50); //segiempat
cyan
glFlush();
}
void main (int argc, char
**argv) {
glutInit(&argc, argv);
gluInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(640,480);
glutCreateWindow("GLUT");
gluOrtho2D(-320.,320.,-320.,320.);
glutDisplayFunc(renderScene);
glutMainLoop();
}
b.
Hasil
0 komentar:
Post a Comment